Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

1.1. Pengertian Jaringan Pemasaran

Untuk lebih memahami tentang konsep pasar dan jaringan pasar, dapat ditinjau pengertiannya menurut berbagai asal menjadi berikut:

1.   Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Dalam ilmu ekonomi, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi (http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar).

2.   Menurut Kotler (2005) pemasaran  adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.

3.   Menurut Elia (2009) kebanyakan produsen tidak menjual barang-barang secara langsung kepada pengguna akhir, diantara mereka ada sekelompok perantara yang melakukan berbagai fungsi. Perantara ini menetapkan satu jaringan pemasaran yang terdiri dari organisasi-organisasi atau individu yang saling bergantung yang tercakup dalam proses yang membuat produk atau jasa menjadi tersedia untuk digunakan atau dikonsumsi.

Sehingga jaringan pemasaran dapat didefinisikan menjadi formasi dari individu-individu dan/atau organisasi-organisasi yang bekerja sama buat memperkuat posisi tawar-menawar menggunakan pembeli dan memenangi persaingan pemasaran.

1.2. Model Jaringan Pengembangan Usaha

Berbagai jenis jaringan bisnis pada pengembangan usaha perikanan bisa berbentuk antara lain:

1.   Jaringan Produksi

Kegiatan sebuah jaringan buat mengoordinasikan perencanaan & pengembangan produksi, serta memperbaiki proses produksi. Menggabungkan keahlian spesifik masing-masing usaha menciptakan produk baru, alat-alat, sistem produksi, & menciptakan produk unggul yg mempunyai daya saing.

2.   Jaringan Pemasaran

Bekerja sama untuk memperkuat posisi tawar-menawar dengan pembeli dan memenangi persaingan pemasaran.

3.   Jaringan Pelayanan

Kelompok kecil bergabung dalam pembiayaan jasa tertentu: training, berita, teknologi, manajemen konsultasi atau jasa konsultasi ahli, misalnya: pelatihan beserta.

4.   Jaringan Kerjasama

Kerjasama pembelian, peningkatan energi kerja, pengembangan produksi & kerjasama produksi, kerjasama penjualan & pemasaran.

5.   Memecahkan Tantangan dengan Jaringan Usaha

Tantangan berupa terbatasnya akses terhadap jasa profesional: konsultasi Manajemen, Akuntansi, Penelitian Pasar, dan konsultasi lainnya. Terbatasnya buat memperoleh berita pasar, akses buat memperoleh modal, terbatasnya memperoleh kontrak akbar karena kekurangan sumberdaya vital dan terbatasnya kemampuan buat bersaing menggunakan perusahaan lain yg masuk ke pasar lokal.

6.   Jaringan Antarkelompok Usaha, Swasta, dan BUMN

Jaringan kerjasama dibidang harga & mutu pelayanan, sistem pembayaran, cara pengepakan, pengiriman barang, pemasaran, pembelian beserta, permodalan, pengadaan barang, dan bidang lainnya.

Dalam rangka mengoptimalkan & mengatasi perkara kekurangan permodalan dan pengembangan usaha, maka pengembangan jaringan perlu ditingkatkan melalui:

a.   Jaringan usaha yang akan menghubung-hubungkan sentra usaha dan anggotanya ke dalam suatu jaringan yang berbasis teknologi informasi  demi terbentuknya jaringan pasar domestik dan antara sentra-sentra usaha (kelompok dan gabungan kelompok perikanan).

b.   Suatu jaringan yang diusahakan untuk siap bersaing dalam era global dengan cara mengadopsi teknologi informasi dan sistem manajemen yang relatif modern sebagaimana dimiliki perusahaan swasta yang besar.

c.    Jaringan usaha harus didukung oleh jaringan telekomunikasi, pembiayaan, usaha dan perdagangan, advokasi, usaha, jaringan saling ajar, serta sumber daya lainya seperti jaringan hasil riset dan teknologi berbagai inovasi baru, informasi pasar, kebijakan, dan intellijen usaha yang adil dan merata.

d.   Jaringan usaha akan menghimpun para pelaku usaha dan usaha lainnya di dalam jaringan yang terhubung secara elektronik (Sumber: http://blog-ilmuonline. blogspot.com/2012/05/jaringan-usaha.html).

1.3. Teknik Membangun Jaringan Pemasaran

Karakteristik wirausaha yg harus dimiliki dalam pengembangan jaringan bisnis pemasaran menjadi: berikut:

A. Jaringan Kerja (Net Worker)

Keberhasilan kita menjadi entrepreneur sejati adalah sangat tergantung pada jaringan dan mitra bisnis kita. Oleh karena itu, membangun jaringan mengembangkan aliansi dan kemitraan bisnis merupakan kebiasaan yang harus senantiasa kita kembangkan. Kita maklumi manusia dalam kehidupannya selain sebagai makhluk individu, juga sebagai makhluk sosial yang tidak terlepas dari hidup berdampingan dengan orang lain, artinya setiap manusia sejak lahir sampai mati membutuhkan orang lain. Perselisihan yang sering terjadi sebenarnya disebabkan orang itu tidak saling mengerti. Kenapa tidak saling mengerti? karena mereka tidak saling kenal. Mengenal orang lain dikaitkan dengan seorang wirausaha yaitu dapat digunakan sebagai teman/mitra, tenaga kerja, pembina, konsumen, atau juga harus diwaspadai karena selain itu manusia akan menjadi pesaing.

B. Banyak Teman (Friends)

Bertemanlah sebanyak-banyaknya. Pada barang dengan kualitas yang sama, orang lebih memilih membeli dari temannya walaupun dengan harga yg sedikit lebih mahal, berdasarkan dalam membeli menurut orang lain. Teman akan membantu berbagi bisnis kita, memberi nasehat, dan membantu menolong pada kita dalam masa sulit.

C. Kerjasama (Cooperative)

Kerjasama merupakan suatu indera dimana keuntungan wirausaha bisa ditingkatkan dengan menolong dirinya sendiri melalui pertolongan beserta dengan motto kerjasama buat seluruh. Tujuan kerjasama ini buat mempertinggi pendapatan masing-masing pihak. Mitra adalah temuan tanpa kesenjangan, adalah jeda kemitraannya tidak memisahkan satu dengan yang lain. Dalam dunia bisnis kemitraan tak jarang diartikan menjadi saling melengkapi satu menggunakan yang lain pada bingkai kesejajaran pada segala bidang.

SUMBER:

Bangs Jr., David H. 1992, ?The Market Planing Guide?,USA, Dearborn Publishing Group,inc.

Bygrave,WD. 1994,The Portable MBA in Entrepreneurship.: New York ,John Willy & Sons.

Elia W. E., dan Yulianti Y., 2009. Manajemen Pemasaran - Designing and Managing Value Networks and Channels. Program Pasca Sarjana – Magister Manajemen. Universitas Trisakti, Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Pasar

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PERENCANAAN%20USAHA.pdf

http://blog-ilmuonline.blogspot.com/2012/05/jaringan-usaha.html

Hudoyo M.W. dan Razi F., 2009. Modul Penyusunan Aturan Pengelolaan Keuangan Kelompok. Modul Pelatihan pendampingan pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri-KP Tahun 2009. Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Hudoyo M.W. dan Razi F., 2009. Modul Perencanaan Usaha. Modul Pelatihan pendampingan pemberdayaan masyarakat PNPM Mandiri-KP Tahun 2009. Badan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. PT. Indeks Kelompok Gramedia, Jakarta.

Purnama R. dan Razi F., 2011. Modul Penumbuhan dan Pengembangan Kelompok Pelaku Utama Perikanan. Modul Pelatihan Dasar bagi Penyuluh Perikanan Ahli. Pusat Pelatihan Kelautan dan Perikanan, Jakarta.

Razi F., 2014. Pembinaan Manajerial Kelompok; Sebuah Langkah Sederhana, Urgensi dan Efektif. Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan – BPSDMKP, Jakarta

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: