Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Perdagangan bebas antar negara yang sementara waktu lagi akan diberlakukan, menuntut para pelaku pasar buat menaikkan daya saing produknya. Bukan hanya berkualitas, tetapi jua dengan harga yg murah. Persaingan produk bukan hanya dalam tataran lokal, tetapi jua akan bertarung dengan pesaing berdasarkan luar negeri. Apabila pelaku pasar tidak dapat menaikkan daya saing produknya, bukan nir mungkin produk-produk menurut luar negeri yg berkualitas tinggi & murah akan membanjiri pasar dalam negeri, & menjadi idola konsumen lokal.

Perdagangan bebas antar negara berlaku juga untuk produk-produk perikanan. Untuk dapat bertarung dengan produk-produk perikanan dari luar negeri, kita tentu harus memiliki kualitas produk perikanan yang baik dan juga harga produk yang murah. Nilai kualitas suatu produk didasarkan pada suatu pengakuan system jaminan mutu (standard mutu) pada masing-masing negara berdasarkan transparasi, objektivitas dan kepercayaan. Disamping itu, produk perikanan juga diharapkan aman untuk dikonsumsi dan ramah lingkungan.
Ilustrasi ikan hias yang sehat

Beberapa negara pengimport produk-produk perikanan, memberlakukan anggaran yang ketat & melakukan pemeriksaan sebelum produk perikanan yg masuk ke negaranya tersebar bebas. Diantaranya adalah mempelajari sisa logam berat dan anti biotik dan kandungan bakteri yg terdapat. Mereka memberlakukan standard yang ketat dengan memberi nilai ambang batas kandungan-kandungan bahan atau organisme berbahaya tadi.

Jadi jangan pernah mimpi produk ikan kita akan diterima pasar bebas, bila kita masih memelihara lele di kolam yg pula berfungsi menjadi jamban, atau mengobati ikan dengan obat yg mengandung antibiotik tinggi. Mungkin saat ini kita beranggapan bahwa toh produk perikanan kita hanya dijual pada pedagang lokal, jadi nir masalah jika masih melakukan hal tadi. Namun ke depan jika pasar kita sudah dibanjiri produk perikanan dari Vietnam atau RRC yang terkenal murah dan pula siap olah (berupa fillet), kita baru akan sadar dan mulai memperhatikan perkara mutu.

Agar kita tidak terlambat pada mengantisipasi hal tadi, ada baiknya bila kita memulai buat melakukan sebuah tindakan yang kongkrit dalam menaikkan mutu produk perikanan kita.

Penerapan Cara Budidaya Ikan Yang Baik (CBIB) adalah keliru satu upaya membangun ikan yang berkualitas. CBIB adalah penerapan cara memelihara dan atau membersarkan ikan dan mamanen hasilnya dalam lingkungan yang terkontrol sehingga memberikan jaminan pangan dari pembudidayaan dengan memperhatikan sanitasi, pakan obat ikan dan bahan kimia serta bahan hayati.

Ada beberapa poin yang wajib diperhatikan dalam penerapan CBIB, berikut poin - poin tadi :

1. LOKASI

Unit usaha budidaya berada pada lingkungan yang sesuai, bebas banjir, pencemaran bahan kimiawi, biologis, selengkapnya dapat dilihat disini Pemilihan Lokasi.
Ilustrasi wadah budidaya ikan yang baik

2. SUPLAI AIR

Unit usaha mempunyai sumber air yang baik dan air pasok terhindar dari cemaran, selengkapnya dapat dilihat di Parameter Kualitas Air :

Saluran air

3. TATA LETAK DAN DESAIN

Unit usaha budidaya memiliki desain & tata letak yg dapat mencegah pencemaran lingkungan & dibuat untuk memenuhi persyaratan pertumbuhan dan perkembangan ikan. Toilet, septic tank, gudang dan fasilitas lainnya terpisah & tidak berpotensi mengkonta-minasi produk budidaya.

Unit usaha budidaya memiliki fasilitas pembuangan limbah yang ditempatkan di area yang sesuai. Wadah budidaya di-desain dan dibangun agar menjamin kerusakan fisik dan kenyamanan ikan selama pemeliharaan dan panen, selengkapnya dapat dilihat di Wadah Budidaya Perikanan.

Ilustrasi tata letak dan desain budidaya ikan

4. KEBERSIHAN FASILITAS DAN PERLENGKAPAN

Unit usaha budidaya dan lingkungannya dijaga kondisi kebersihan&higienis.  Wadah, perlengkapan dan fasilitas budidaya dibuat dari bahan yang tidak menyebabkan Pencemaran lingkungan dan tidak melukai ikan.

Fasilitas dan perlengkapan dijaga dalam kondisi higienis dan dibersihkan sebelum dan sesudah digunakan; serta (bila perlu) didesinfeksi dengan desinfektan yang diizinkan.
Sarana dan prasarana budidaya ikan

5. PERSIAPAN WADAH BUDIDAYA

Wadah budidaya dipersiapkan dengan baik sebelum penebaran benih. Dalam persiapan wadah dan air, hanya menggunakan pupuk, probiotik dan bahan kimia  yang direkomendasikan.

Wadah budidaya ikan

6. PENGELOLAAN AIR

Dilakukan upaya filterisasi air atau pengendapan serta menjamin kualitas air yang sesuai untuk ikan yang dibudidayakan. Monitor kualitas air sumber secara rutin untuk menja min kesehatan & kebersihan ikan yang dibudidayakan. Pengolahan air sesuai sumber air dan jenis ikan yang dibudidayakan (Kesadahan, pH, suhu, CO2).
Sistem filtrasi pada budidaya ikan

Sumber : Panduan Cara Budidaya Ikan Yang Baik

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: