Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Mungkin poly yang tidak menyangka, sekalipun mini dan seolah nir berdaya, sesungguhnya Black Molly (Poecilia sphenops) famili pocilidae adalah ikan hias yg cukup menarik. Dengan rona hitamnya yg mengkilap & bentuk tubuh yg kecil yg memancarkan daya tarik tersendiri yang membuahkan ikan ini sangat cocok buat sebuah hobi memelihara ikan di akuarium. Bahkan sudah poly orang yang membudidayakan ikan black molly baik itu lantaran faktor hobi maupun ekonomi.

Pemeliharannya di akuarium memang tidak terlalu menyulitkan, akan tetapi seringkali kali para pecinta Black Molly tak jarang kali merasa kesulitan dalam hal penyerangan penyakit terhadap Black Molly. Sehingga baik pada pemeliharaan juga pembenihan ikan ini selalu dihadapkan pada kematian.

Klasifikasi

Klasifikasi ikan black molly secara lengkap merupakan sebagai berikut :

? Phyllum : Chordata

? Class : Ostheichthyes

? Ordo : Cyprinodontoidei

? Family : Poecilidae

? Genus : Poecilia

? Species : Poecilia sphenops

Morfologi

Bentuk tubuh black molly menyerupai ikan guppy lantaran masih satu famili yaitu Poecilidae. Panjang tubuhnya kurang lebih lima ? 7 centimeter. Tubuh black molly seluruhnya berwarna hitam mengkilap menurut ketua sampai sirip ekor. Sirip ekor berbentuk sabit dan sirip punggung menjuntai ke belakang sampai mencapai pangkal ekor. Black Molly adalah ikan hias yg berasal menurut luar Indonesia. Ikan ini asal dari genre Sungai Amazon, Brasil dan sungai-sungai Amerika Selatan. Ikan ini hidup disela-sela akar flora air. Dan menetaskan telurnya pada sela-sela akar tersebut jua.

Pemijahan

Ikan black molly bisa dipijahkan di dalam akuarium. Akuarium yang digunakan berukuran 70x43x30 centimeter dengan jumlah induk 10 induk betina dan lima ekor induk jantan. Dengan berukuran kurang lebih 4-6 centimeter & umur 3 bulan. Sediakan juga flora air sebagai media buat bersembunyinya anak-anak ikan black molly.

Satu minggu lalu sesudah ke 2 induk ditebar, anak-anak ikan black molly akan bermunculan berdasarkan sela-sela akar tumbuhan air. Anak-anak ikan black molly ini diberikan pakan berupa kutu air kemudian meningkat sejalan dengan pertumbuhan benih, menggunakan cacing sutera.

Pemeliharaan di Akuarium

? Persiapan Akuarium

Akuarium yg cocok buat pemeliharaan ikan Black molly yaitu berukuran 50x30x30 cm yg sudah dilengkapi filter. Akuarium dibersihkan kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama beberapa jam hingga benar-benar kering. Kemudian kita isi air kurang lebih 40 liter.

? Persiapan Peralatan

Alat-alat yg perlu disiapkan terlebih dahulu yaitu :

1. Filter dan aerator

dua. Batu aerasi

3. Batu Zeolit

4. Hiasan-hiasan lainnya.

Peralatan tadi dicuci terlebih dahulu lalu keringkan. Setelah sahih-sahih higienis & kemarau kemudian masukan ke dalam akuarium yang sudah diisi air.

Pemeliharaan

Dalam memelihara ikan black molly pada akuarium diberikan cacing sutera. Selain tidak cepat kotor, pula bisa membuat warna hitamnya mengkilat dan membantu pertumbuhannya. Pemberian pakan diberikan 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Penyiponan dilakukan setiap dua-tiga hari sekali, hal ini buat menjaga kebersihan air & akuariumnya. Untuk pencucian filter dilakukan setiap 1-dua minggu sekali. Dalam penggantian air diusahakan kondisi air misalnya suhu & pH antara air yang usang menggunakan yg baru tidak terlalu jauh tidak sama. Jika kisaran disparitas terlalu akbar dikhawatirkan ikan akan mengalami stres dan lalu gampang terserang penyakit. Suhu yg cocok buat ikan black molly yaitu berkisar antara 24-26 oC. Ikan hias kini ini sangat digemari oleh anak - anak juga orang dewasa dikarenakan enak dilihat & pula dipandang. Ikan hias sendiri bermacam - macam jenis & unik dan menggemaskan. Ikan hias yang sangat disenangi sang ikan hias ini ialah jenis ikan hias balon. Ikan Balon atau ikan Molly ini merupakan ikan hias yg terlihat lucu & memiliki panjang hanya aporisma 12 cm serta badannya yang akbar dan yang terunik menurut ikan Molly ini artinya perutnya yg buncit. Hingga sekarang sudah poly jenis & varian dari Ikan Molly ini karena beragam persilangan & mutasi membentuk rona & bentuk yang tidak selaras - beda. Salah satu Ikan Molly yg lucu yakni Ikan Molly Balon yang bentuk tubuhnya seperti bola dengan mirip seperti ikan maskoki kecil. Ikan Molly selain enak dipandang & dilihat juga cara budidayanya relatif mudah tetapi butuh ketelatenan dalam merawatnya. Dihabitat yang asli, Ikan Molly ini hayati disuhu perairan 25-28 derajat C dengan mempunyai pH 8 & pula kekerasan 14-20 derajat dH namun tidak menuntut kemungkinan pada pH 7 pun masih sanggup dan nir terdapat perkara, tetapi jenis Ikan Molly ini kurang pada toleransinya mengenai perubahan dan pula goncangan suhu yg tinggi. Berikut ini cara budidaya Ikan Molly agar Menghasilkan Laba Besar.

Cara Budidaya Ikan Molly

1. Memilih Indukan Ikan Molly

Sebelum melakukan pembudidayaan Ikan Molly, perlu diperhatikan tentang Indukan menurut Ikan Molly sendiri. Ikan Molly yg mau dikawinkan supaya mempunyai anakan yg manis dan lucu & juga jenis kelamin dari indukan Ikan Molly jantan dan indukan Ikan Molly betina. Indukan Ikan Molly jantan memiliki gonopodium atau tonjolan dibelakang sirip perut yang merupakan modifikasi sirip anal panjang, tubuh ramping, warna lebih cerah dan pula sirip punggung lebih panjang dan ketua agak besar . Sedangkan buat Ikan Molly betina dibelakang sirip nir ada gonopodium namun srip halus, & jua tubuhnya gemuk dengan warna kurang cerah, sirip punggung biasa dan kepalanya yang relatif runcing.

2. Teknik Pemijahan Ikan Molly

Memijahkan Ikan Molly mirip menggunakan ikan Guppy. Tetapi bedanya bila Ikan Molly dikondisi airnya agak keras agar hasilnya lebih mengagumkan. Karenanya ditambah garam dapur sekitar 1 sendok makan per 3 liter air pada memperbanyak produksi dari anakan Ikan Molly. Selain itu juga kecukupan akan hal sinar mentari merupakan kondisi krusial buat membudidayakan Ikan Molly. Ikan Molly akan menjadi indukan setelah umur 5 bulan. Ukuran jualnya sudah mencapai panjang 2,5 - tiga,0 centimeter diwaktu tiga-4 bulan. Teknik pemijahan dilakukan dengan cara pertama persiapkan wadah berupa bak plastik atau mampu juga akuarium. Dana masukkan garam dapur kurang lebih 1 sendok makan di 8 liter air, lalu jauhkan tempat pemijahan dari hal layak ramai, gunakan penambahan tanaman air untuk sebagai perangsang & jugas tambahkan indukan Ikan Molly dengan perbandingan induk jantan 1/tiga induk betina. Proses menurut pemijahan ini ditandakan menggunakan kejar-kejaran selama 4-7 hari. Setelah mencapai seminggu, benih akan tampak dipinggiran bak, kemudian pisahkan induk berdasarkan kolam pemijahan.

3. Perawatan Benih Ikan Molly

Anakan Ikan Molly yg baru lahir belum perlu diberi makan & lantaran mengandung kuning teluar. Tetapi sehabis 4-5 hari anakan bisa diberi makan berupa kutu air yg sudah disaring atau bisa juga kuning telur yg telah direbus & dihancurkan. Setelah ukuran dua-tiga cm bisa diberi makanan cacing, apabila sudah berukuan 5-7 centimeter diberi makanan cuk. Selain makanan primer, dapat pula diganti dengan kuliner berupa cacing kering & juga supaya - supaya. Pemberian dilakukan 2 kali dalam sehari dan menggunakan dilakukan pergantian air jangan hingga terlalu keruh mampu dilakukan dua-3 hari sekali.

4. Pemanenan Ikan Molly

Pemanenan dapat dilakukan sinkron menggunakan permintaan pasar, tetapi umumnya buat saat 1 bulan pun sudah bisa dipanen & siap dijual. Demikianlah fakta mengenai cara budidaya Ikan Molly agar membuat laba akbar. Untuk mendapatkan berita lainnya tentang cara budidaya, silahkan berkunjung ke blog cara budidaya, semoga bermanfaat.

PENANGANAN PENYAKIT IKAN

Berikut ini adalah beberapa penyakit yg acapkali menyerang ikan Black molly:

1. White spot

Penyakit ini tak jarang disebut pula penyakit ich. Penyakit ini ditimbulkan sang Ichtyopthirius multifiliis. Parasit ini menyerang ikan dalam bagian sirip punggung dan sisiknya. Ikan yang terjangkit oleh parasit ini terlihat misalnya bintik-bintik putih dalam bagian-bagian sirip atau sisik. Parasit ini acapkali menyerang pada ketika ikan mengalami stres dan pada ketika daya tahan tubuhnya menurun. Terutama dalam saat suhu air rendah, parasit ini menyerang secara sporadis.

Tabel 1

2. Gyrodactylus

Gyrodactylus merupakan protozoa yg menyerang ikan black molly dalam bagian kulitnya. Ikan ini akan menggerogoti kulit sehingga teluka & mengeluarkan darah.

Ikan yang terjangkit terlihat mengalami pendarahan dalam tubuhnya. Luka ini bila dibiarkan akan terserang penyakit sekunder misalnya jamur. Tabel dua

tiga. Saprolegnia

merupakan jamur yg tumbuh di tubuh ikan. Jamur-fungi ini tumbuh, sebagian besar karena adanya luka yang terdapat dalam ikan dan luka terrsebut nir ditanggulangi sehingga tumbuhlah fungi-jamur saprolegnia ini. Tabel tiga

4. Lerneae

Lerneae merupakan homogen cacing yang menyerang dalam bagian kulit dan daging ikan. Lerneae akan menggerogoti tubuh ikan hingga mengalami pendarahan & menyebabkan luka pada tubuh ikan. Pada tubuh ikan akan terlihat seperti benang yg menancap pada kulit ikan misalnya panah yang menancap.

Tabel 4

lima. Argulus

Argulus ini merupakan kutu ikan yang merugikan bagi ikan. Kutu ikan ini akan menghisap darah ikan & memakai ikan menjadi induk menurut telur-telurnya. Akan tetapi penyakit ini jarang menyerang ikan yang di pelihara di akuarium akan namun pemeliharaan pada bak atau kolam. Tabel 5

DAFTAR PUSTAKA

Braemer, Helga and Ines Scheurmann. 1983. Tropical Fish. Borron?S : New York.

Daelami D., 2002. Agar Ikan Sehat. Peneebar Swadaya, Jakarta.

Harmanto N. 2004. Menggempur Penyakit Hewan Kesayangan dengan Mahkota Dewa. Penebar Swadaya, Jakarta.

Http://www.Zonaikan.Com/2011/12/black-molly.Html

Kasmawijaya A. & Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan ?Black Molly Sehat Produksi Meningkat?. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

Https://deedzarinthebest.Blogspot.Com/2016/01/pedoman-budidaya-ikan-molly-secara.Html

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: