Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Jenis ikan air bahari yg memiliki irit penting di perairan Indonesia sangatlah banyak. Berikut merupakan beberapa jenis ikan air bahari yg memiliki nilai irit penting yang telah dirangkum. Untuk melihat tulisan sebelumnya bisa dipandang dalam tautan dibawah artikel ini.

81. Kambing-kambing tutul, Euxiphopops sexstriatus
Ikan kambing - kambing tutul [sumber]

(Pomacanthidae); hidup diperairan dangkal, karang-karang, bisa mencapai panjang 50 cm. Tergolong ikan pelagis, karang, penangkapan dengan bubu, jaring lingkar, jaring klotok, dipasarkan baik menjadi ikan konsumsi biasa juga menjadi ikan hias. Sebagai ikan hias harganya jauh lebih mahal. Daerah penyebaran ; perairan dangkal, karang diseluruh Indonesia & perairan Indo-Pasfik lainnya.

82. Gerot-gerot, Pomadasys maculatus
Ikan gerot - gerot [sumber]

(Pomadasydae); hayati di perairan pantai sampai kedalaman 40 m, makanannya ikan-ikan kecil, udang, bisa mencapai panjang 50 cm, umumnya 15 centimeter. Tergolong ikan demersal, penangkapan menggunakan trawl, pancing, sero, dan sejenisnya, cantrang & sejenisnya, macam-macam pukat tepi, dipasarkan pada bentuk asin-kering, harga murah. Daerah penyebaran; terutama Laut Jawa, sepanjang pantai timur Sumatera, Kalimantan, Sulsel, Arafuru, ke utara meliputi Teluk Benggala, Teluk Siam, sepanjang Laut Cina Selatan, Philipinna, ke selatan sampai pantai utara Australia, ke barat sampai Afrika Timur.

83. Krot-krot, Pomadasys hasta
Ikan krot - krot [sumber]

(Pomadasydae); hidup diperairan dangkal sampai kedalaman 60 m. Makanannya ikanikan kecil, krustasea, dapat mencapai panjang 50 centimeter, biasanya 20-30 centimeter. Tergolong ikan demersal, penangkapan teutama dengan trawl, macam-macam pukat tepi, pancing, jaring insang, cantrang & sejenisnya, dipasarkan dalam bentuk asin-kemarau, segar, harga murah. Daerah penyebaran ; Laut Jawa, pantai timur Sumatera, Kalimantan, Sulsel, Arafuru, Teluk Benggala, Teluk Siam, Laut Cina Selatan, Philipinna, Australia, dan Afrika Timur.

84. Mata besar (Tumenggung), Priacanthus tayenus
Ikan mata besar [sumber]

(Pricanthidae); hayati pada perairan dangkal hingga ke perairan pada 200 m, termasuk ikan buas, makanannya macam-macam organisme dasar, dapat mencapai panjang 30 cm, biasanya 15-25 centimeter. Tergolong ikan demersal, penangkapan terutama dengan trawl, pancing, cantrang dan sejenisnya, dipasarkan dalam bentuk segar, asinkering, harga sedang. Daerah penyebaran; terutama Laut Jawa, sepanjang pantai Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Arafuru, ke selatan sampai pantai utara Australia.

85. Cucut gergaji, Pristis cuspidatus
Ikan cucut gergaji [sumber]

(Pristidae); hayati pada dasar, wilayah lepas pantai juga pantai, air payau, kadang-kadang masuk ke muara sungai, ovo-vivipar. Termasuk ikan buas, makanannya hewan dasar (krustasea, moluska, ikan), dapat mencapai panjang 500-600 m. Tergolong ikan dasar, penangkapan dengan trawl, rawai tongkol, rawai cucut, jaring insang (jenis-jenis mini ), dipasarkan pada bentuk segar, asin-kering pada keadaan dipotong-potong, harga murah. Daerah penyebaran ; seluruh perairan Indonesia, dan perairan Indo-Pasifik lainnya.

Jenis - jenis ikan ekonomis bahari lainnya silahkan lihat artikel berikut :

Ikan Laut Ekonomis Penting

Sumber : Pengenalan jenis - jenis ikan air laut. Abdul Samad Genisa. 1999

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: