Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Penyediaan benih ikan yg bermutu merupakan salah satu kebutuhan primer pada mempertinggi produktivitas usaha budidaya ikan air tawar .Benih ikan bermutu yang didapatkan oleh Balai-Balai Penelitian perlu dikembangkan penyebarluasannya pada wilayah.

Hasil kajian adaptasi ikan mas strain Rajadanu yang dilaksanakan oleh IPPTP Mataram, kerjasama dengan Balitkanwar Sukamandi pada TA. 1996/1997 diketahui daya adaptasi dan laju pertumbuhannya lebih baik dari Majalaya yang sudah lama dikenal di NTB. Selain itu dari segi rasa tidak berbeda dengan Majalaya. Melihat kenyataan tersebut Balai Benih Ikan (BBI) Batukumbung mengembangkan pembenihan Rajadanu dan pada awal Pebuari 1998 benih Rajadanu telah berhasil diproduksi. Kajian Pembesaran Rajadanu hasil pembenihan tersebut telah dilaksanakan di kolam BBI Batukumbung dan di sawah (minapadi) di desa Teratak Lombok Tengah TA. 1999/2000, menunjukkan bahwa daya adaptasi Rajadanu yang dipelihara di kolam cukup tinggi dengan kelangsungan hidup (SR) mencapai 75%, produktivitas sebesar 5.050 t/ha, masa pemeliharaan 3 bulan. Pada pemeliharaan di sawah (minapadi legowo), tingkat kelangsungan hidup mencapai 73%, dengan produktivitas rata-rata 204 kg/ha, masa pemeliharaan 60 hari.
Ikan mas strain Rajadanu

BIOLOGI IKAN MAS RAJADANU

Rajadanu termasuk bangsa (ordo) Cypriniformes, sub bangsa Cyprinoidei, suku (family) Cyprinoidea, sub suku Cyprininae, marga (genus) Cyprinus dan jenis (species) Cyprinus carpio, strain Rajadanu.

Ciri-karakteristik morfologi:

  1. Bentuk badan memanjang dengan perbandingan panjang total dan tinggi badan 3,5 : 1.
  2. Badan bersisik penuh dengan ukuran sisik normal.
  3. Punggung berwarna hijau keabu-abuan, makin kearah perut warna sisik semakin memutih dan sampai perut berwarna putih.

POTENSI BIOLOGI

1. Sifat reproduksi induk:

Dua. Kebiasaan makan

Ikan mas Rajadanu termasuk pemakan segala (hewan pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan). Makanannya berupa jasad hewan atau tanaman yang umumnya hidup didasar perairan. Hewan dasar tersebut misalnya Cacing, Siput, dll. Ikan mas Rajadanu makan dengan cara mengambil lumpur, menghisap bagian-bagian yang dapat dicerna & sisanya akan dimuntahkan. Ikan mas Rajadanu menaruh daya adaptasi dan laju pertumbuhan yg tinggi menggunakan hadiah pakan buatan.

Tiga. Pertumbuhan

Pertumbuhan adalah fungsi menurut metoda budidaya yang di terapkan, padat penebaran, mutu dan jumlah pakan, mutu air dan kompetisi. Hasil kajian pada kolam BBI Batukumbung, benih ukuran 5-8 cm (lima-10 gram) menggunakan kepadatan 10 ekor/m2, diberikan pakan komersial 3-5% dari berat individu dalam saat tiga bulan bisa mencapai 73,29 gr per ekor. Sementara hasil kajian minapadi menggunakan cara tanam jajar legowo, benih ukuran lima-8 cm menggunakan kepadatan 5000 ekor/ha, dalam saat 60 hari pemeliharaan dapat mencapai 33,87 gram per ekor.

Sumber : Lembar keterangan pertanian (Liptan) IP2TP Mataram No. 06/Liptan/2000

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: