Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.
Motor Diesel 4 Langkah |
Menurut Nakoela (1985) motor diesel 4 langkah prinsip kerjanya merupakan :
1. Langkah Pemasukan
Katub masuk terbuka dan torak bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju ke titik mati bawah (TMB) maka campuran udara dan bahan bakar mengalir masuk ke dalam silinder.
Langkah Isap |
2. Langkah Kompresi
Katub masuk tertutup & torak berkecimpung menekan campuran udara dan bahan bakar yang menyebabkan tekanan. Sewaktu torak mendekati titik mangkat atas (TMA), mengkompresikan udara kedalam silinder, sehingga mulai terjadi pembakaran.
3. Langkah Usaha
Udara dan bahan bakar yg terbakar berturut-turut menyebabkan tekanan yg lama kelamaan menjadi maksimum. Tekanan maksimum ini menekan torak ke bawah & tekanan juga suhu menurut gas pembakaran mulai berkurang. Gaya gerak yg disebabkan oleh gerakan torak ini diteruskan ke poros engkol mulalui tangkai torak & engkol, dengan demikian poros engkol dipaksa buat berputar mengatasi tahanan geseran.
4. Langkah Pembuangan
Katub buang terbuka & gas residu pembakaran ditekan keluar sang torak yg bergerak ke atas & dengan demikian selanjutnya dimulai lagi langkah pemasukan buat daur berikutnya.
Langkah Kerja Motor 4 Tak
Langkah Kerja Motor 4 Tak |
Sumber : Materi Pelatihan Perawatan & Perbaikan Mesin Kapal Perikanan
Semoga Bermanfaat...
Checking your browser before accessingPlease enable Cookies and reload the page. This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly. Please allow up to 5 seconds… |