Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Motor bakar empat langkah adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah. Empat langkah tersebut meliputi langkah hisap (pemasukan), kompresi, tenaga dan langkah buang. Yang secara keseluruhan memerlukan dua putaran poros engkol (crankshaft) per satu siklus pada mesin bensin atau mesin diesel.

Motor Diesel 4 Langkah

Menurut Nakoela (1985) motor diesel 4 langkah prinsip kerjanya merupakan :

1. Langkah Pemasukan

Katub masuk terbuka dan torak bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju ke titik mati bawah (TMB) maka campuran udara dan bahan bakar mengalir masuk ke dalam silinder.
Langkah Isap

2. Langkah Kompresi

Katub masuk tertutup & torak berkecimpung menekan campuran udara dan bahan bakar yang menyebabkan tekanan. Sewaktu torak mendekati titik mangkat atas (TMA), mengkompresikan udara kedalam silinder, sehingga mulai terjadi pembakaran.

3. Langkah Usaha

Udara dan bahan bakar yg terbakar berturut-turut menyebabkan tekanan yg lama kelamaan menjadi maksimum. Tekanan maksimum ini menekan torak ke bawah & tekanan juga suhu menurut gas pembakaran mulai berkurang. Gaya gerak yg disebabkan oleh gerakan torak ini diteruskan ke poros engkol mulalui tangkai torak & engkol, dengan demikian poros engkol dipaksa buat berputar mengatasi tahanan geseran.

4. Langkah Pembuangan

Katub buang terbuka & gas residu pembakaran ditekan keluar sang torak yg bergerak ke atas & dengan demikian selanjutnya dimulai lagi langkah pemasukan buat daur berikutnya.

Langkah Kerja Motor 4 Tak
Langkah Kerja Motor 4 Tak

Sumber : Materi Pelatihan Perawatan & Perbaikan Mesin Kapal Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: