Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Terubuk atau Toli Shad adalah ikan penghuni perairan estuarin yang ditangkap buat dimakan daging dan telurnya.

Ada paling sedikit 3 jenis ikan bermiripan yang disebut terubuk atau terubok: Tenualosa macrura, Tenualosa toli, dan Hirsa kalee.

Semuanya merupakan anggota suku Clupeidae & penghuni perairan tropika hangat di Samudera Hindia sampai Nusantara, & menyukai daerah perairan payau.

Ikan yang mempunyai sifat hermafrodit proandri ini menjalani siklus hidup pada waktu kurang dari dua tahun (18 bulan). Pada tahun pertama kehidupannya akan dilalui menjadi jantan (dianggap pias) & pada tahun kedua akan berganti kelamin sebagai betina (menjadi terubuk). Ikan ini diketahui berpijah sepanjang tahun di lebih kurang muara Sungai Siak.

Ikan pemakan planktonini populasinya sangat menurun bahkan sedikit sekali yang bisa ditangkap oleh nelayan. Hal ini sangat dimungkinkan lantaran telah mengalami tekanan ganda, yaitu akibat penangkapan secara monoton terhadap terubuk guna diambil gonad matangnya ("telur") dan kesamaan degradasi lingkungan (terutama disebabkan sang bubuk kayu) pada daerah tempat asal utama ikan tadi.

Pulau Bengkalis mendapat julukan "Kota Terubukdanquot; karena banyak orang mencari masakan telur ikan tersebut pada kota itu. Negeri Sarawak pada Malaysia pula terkenal menggunakan ikan teruboknya.

Sumber:

BPSPL, 2017. Larangan Penangkapan Kepiting, Rajungan dan Lobster. Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir & Laut (BPSPL) Padang.

Https://id.Wikipedia.Org/wiki/Terubuk

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: