Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Pengemasan dianggap juga pembungkusan, pewadahan atau pengepakan, & merupakan galat satu cara pengawetan bahan output pertanian, lantaran pengemasan bisa memperpanjang umur simpan bahan. Pengemasan adalah wadah atau pembungkus yg bisa membantu mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakankerusakan dalam bahan yg dikemas / dibungkusnya.

Sebelum dibuat oleh insan, alam jua telah menyediakan bungkus buat bahan pangan, misalnya jagung dengan kelobotnya, buah-buahan dengan kulitnya, butir kelapa menggunakan sabut & tempurung, polong-polongan dengan kulit polong & lainlain. Manusia juga menggunakan bungkus untuk pelindung tubuh berdasarkan gangguan cuaca, serta agar tampak manis & menarik.

Dalam global moderen misalnya sekarang ini, masalah bungkus menjadi bagian kehidupan masyarakat sehari-hari, terutama dalam hubungannya dengan produk pangan. Sejalan dengan itu pengemasan telah berkembang menggunakan pesat sebagai bidang ilmu dan teknologi yang makin canggih.

Ruang lingkup bidang pengemasan saat ini pula telah semakin luas, menurut mulai bahan yg sangat bervariasi hingga contoh atau bentuk dan teknologi pengemasan yang semakin sophisticated & menarik. Bahan kemasan yg dipakai bervariasi berdasarkan bahan kertas, plastik, gelas, logam, fiber sampai bahan-bahan yang dilaminasi. Namun demikian pemakaian bahan-bahan seperti papan kayu, karung goni, kain, kulit kayu, daun-daunan & pelepah dan bahkan sampai barang-barang bekas seperti koran dan plastik bekas yg tidak etis & hiegenis juga dipakai sebagai bahan pengemas produk pangan. Bentuk dan teknologi kemasan juga bervariasi menurut kemasan botol, kaleng, tetrapak, corrugated box, bungkus vakum, kemasan aseptik, kaleng bertekanan, bungkus tabung sampai kemasan aktif dan pintar (active and intelligent packaging) yang dapat menyesuaikan syarat lingkungan di pada kemasan dengan kebutuhan produk yang dikemas. Minuman teh pada kantong plastik, nasi kemasan dalam daun pisang, sekarang jua telah berkembang menjadi kotak-kotak katering sampai minuman anggur pada botol & kemasan yg cantik berpita merah.

Susunan konstruksi kemasan pula semakin kompleks menurut tingkat primer, sekunder, tertier hingga konstruksi yang nir dapat lagi dipisahkan antara kegunaannya sebagai pengemas atau menjadi unit penyimpanan, misalnya dalam bandela yg dilengkapi dengan pendingin (refrigerated container) berisi udang beku buat ekspor. Industri bahan bungkus di Indonesia jua sudah semakin banyak, seperti industri pembuat bungkus karton, kemasan gelas, bungkus plastik, bungkus laminasi yg produknya telah mengisi kebutuhan warga & dunia industri. Di samping itu sampai saat ini pada pedesaan masih banyak dijumpai rakyat yang hayati berdasarkan bahan pengemas tradisional, misalnya penjual daun pembungkus (daun pisang, daun jati, daun waru & sebagainya), atau buat tingkat industri rumah tangga masih ada pengrajin industri keranjang besek, kotak kayu, anyaman serat, wadah berdasarkan tembikar & lain-lain.

Industri bungkus di negara-negara maju sudah usang berkembang menjadi perusahaan-perusahaan besar yang berkecimpung pada usaha produksi bahan atau produk pengemas seperti kaleng (American Can Co), karton (Pulp and Paper Co), plastik (Clearpack), botol plastik PET (Krones), bungkus kotak laminasi (Tetrapak, Combibloc), gelas, kertas lapis, kertas alumunium & lain-lain yg produknya diekspor ke banyak sekali belahan dunia. Industri lain yg berkaitan menggunakan pengemasan merupakan industri penutup bungkus seperti epilog botol (Bericap), industri sealer meachine & industri produsen label & kode dalam kemasan.

Sumber : Modul Pelatihan Pengolahan Hasil Perikanan

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: