Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Pemeliharaan lou han sebenarnya tergantang dalam kesukaan pemiliknya, yang penting merupakan teknik atau cara-caranya harus diketahui terlebih dahulu. Hal yang wajib diperhatikan dalam memelihara lou han, diantaranya :

Kondisi Aquarium dan Peralatannya

Untuk mendukung kesehatan & penampilan lou han, kebersihan aquarium harus diperhatikan. Aquarium yang kotor sanggup jadi sumber penyakit bagi lou han. Yang umumnya menjadi sumber kotoran aquarium adalah sisa pakan, lumut, sisa obat & kotoran lou han. Patokan pada membersihkan aquarium adalah taraf kekotoran aquarium, kondisi alat-alat & aksesoris pendukung juga harus diperhatikan. Jika nir higienis atau nir berfungsi sebagai mana mestinya, peralatan dan aksesoris ini mampu sebagai sumber penyakit.

Kualitas Air

Air adalah factor penting pada mempertinggi kualitas lou han. Air wajib higienis berdasarkan bahan beracun yg dari menurut sumber air, sisa metabolisme ikan atau sisa pakan yang hiperbola. Meskipun lou han tergolong ikan hias yg mempunyai toleransi yang cukup tinggiterhadap kualitas air, banyak sekali parameter air harus tetap diperhatikan. Sebelum digunakan, air perlu diendapkan didalam bak penampungan. Bak penampungan dapat berupa tong bekas atau fiberglass.

Kualitas Pakan dan Pemberiannya

Supaya lou han peliharaan tetap anggun, pakan yg diberikan harus mengandung sajian seimbang. Pakan yang salah dapat membuat lou han sebagai stress dan tidak senang makan. Pakan yg seimbang mempunyai karbohidrat, protein, lemak, mineral,dan vitamin yg memadai. Pemberian pakan wajib sinkron menggunakan anggaran supaya tidak cepat mengotori aquarium, sehingga tidak menimbulkan penyakit. Pakan pula harus cukup agar ikan cepat tumbuh, pemberian pakan dengan frekuensi lebih acapkali menggunakan jumlah yang nir terlalu banyaklebih baik dibandingkan menggunakan anugerah pakan yang sporadis dengan jumlah yang berlebihan.

Sistematika

Lou Han merupakan ikan hias yang penampilannya anggun dan menarik dengan aneka rona yg cerah. Budidaya Lou Han telah poly dilakukan di Indonesia, baik oleh para peternak atau pengusaha ikan hias maupun para hobiis.

Menurut sistematikanya, ikan Lou han digolongkan sebagai berikut:

? Ordo : Percomorphoidei

? Sub Ordo : Percoidea

? Family : Cichlidae

? Genus : Cichlasoma

? Spesies : Red Flower Horn Meskipun Lou Han termasuk jenis ikan hias yang relative tahan terhadap infeksi penyakit, apabila kualitas air tempat pemeliharaan tidak cocok bagi ikan tadi, Maka akan muncul perkara. Masalah ini akan semakin parah apabila penanganannya pada lakukan dengan cara yg nir paripurna, terutama bagi ikan yg baru di datangkan dari loka lain. Salah satu kasus yg sering merugikan para peternak ikan hias adalah kasus penyakit. Satu hal krusial yg perlu diperhatikan merupakan Lou Han memiliki sifat yang mudah berubah. Hal ini ditimbulkan lou han merupakan output persilangan menurut beberapa jenis ikan yang termasuk keluarga siklid (Cichlidae) dari genus Cichlasoma. Di samping itu proses perkawinan silang kurang mengikuti kaidah yg benar akan menjadikan pada penurunan mutu genetic. Efek berdasarkan penurunan mutu genetic ini merupakan menurunnya daya tahan ikan terhadap penyakit.

Lou Han (Cichlasoma sp) termasuk salah satu jenis ikan hias baru yg memiliki penampilan cantik menggunakan nilai irit yang tinggi. Ikan ini mulai marak dibicarakan di Indonesia dari tahun 2001 dengan berbagai sebutan, yaitu Flower born, Flower louhan, dan sun go kong. Sebutan lainnya merupakan mutiara berdasarkan timur.

Lou han adalah output persilangan menurut ikan jenis siklid lain,yaitu Cichlasoma synpilum dengan Cichlosoma cycnoguttatum ( Neetropus carpintis). Persilangan antar siklid-siklid ini di lakukan sang orang-orang berdasarkan Negara Malaysia. Tetapi sekarang telah poly persilangan antar jenis ikan siklid lainnya, baik sang para peternak local maupun manca Negara, sehingga di peroleh berbagai variasi Lou Han. Beberapa species yang adalah ikan hias berdasarkan family Cichlidae yang sudah dikenal di Indonesia pada antaranya jenis Oskar (astronhotus ocellatus),texas (Cichlasoma cyanoguttatum), zebra (cichlasoma nigrofasciatum), angel fish atau manvis (Pteophylum spp), dan discus (Symphysodon discus).

Daerah Penyebaran

Ikan yang tergolong dalam famili Cichlidae poly ditemukan pada perairan Amerika Latin, Asia, & Afrika. Tetapi, berdasarkan pakar breeder pada Malaysia, kebanyakan keluarga Lou Han berasal berdasarkan perairan Amerika latin, misalnya meksiko, Paraguay & Kolombia. Berkat keuletan para beeder di Malaysia, pada tempo tiga tahun saja. Lou han telah menjadi ikan yang fenomenal, mengalahkan seluruh jenis ikan eksotis yang bergengsi di Negara Asia.

Penyebarannya di Afrika & Madagaskar mencapai 700 species & hanya tiga species yang terdapat di Asia. Beberapa species family Cichlidae yg masih ada pada daerah Afrika merupakan species yang endemic, sebagai akibatnya nir bisa ditemukan di daerah lain. Species ini umumnya meletakkan telur tidak jauh menurut loka tinggalnya. Ada yg meletakkan telur di batu, daun-daun flora air, pasir, & rongga ekspresi. Species ini baik jantan dan betina mempunyai naluri yang kuat buat melindungi telur atau anaknya.

Pemilihan Calon Induk

Jenis induk jantan & betina yang dipilih disesuaikandengan jenis keturunan yg diperlukan, keturunan yg dihasilkan merupakan penggabungan factor genetis ke 2 induknya. Jika dicermati secara fisik, induk jantan mempunyai badan yang lebih langsing dengan jarak antara mulut dan nongnong dekat, sedangkan betina memiliki tubuh yg lebihmembulat dan gendut dibagian perut dan jarak antara lisan dan nongnong agak jauh. Lou han jantan memiliki variasi rona yg lebih banyak & legas, sedangkan lou han betina relatif pucat. Hal ini memang tidak absolut karena terdapat pula betina yg menampilkan rona cerah, namun setidaknya prediksi ini memiliki kemungkinan kebenaran 80 %.

Memijahkan Induk

Lou han adalah ikan yang hidup soliter, karenanya menjodohkan lou han memerlukan strategi spesifik. Calon induk diletakkan pada aquarium yg diberi pembatas kaca, biarkan keduanya saling mengenal hingga lou han betina sahih-sahih matang telur dan si jantan siap mencumbunya. Dalam proses sosialisasi umumnya betina akanlebih agresif dibandingkan jantan. Umur perjodohan paling baik merupakan jantan 2,lima tahun & betina dua tahun, pada usia ini telur yang dibuahi lebih poly serta keturunannya akan lebih besar .

Merawat Telur dan Burayak

Setelah berjodoh & siap dipilahkan, pada tempo paling lama tiga hari saja lou han akan bertelur dimedia telur berupa keramik yg diletakan didasar aquarium. Dalam tempo 3 hari telur umumnya telah mulai menetas. Pada hari ke-4 aquarium tampak dipenuhi oleh burayak lou han. Burayak masih memiliki cadangan kuning telur ditubuhnya sampai hari ke-4 selesainya menetas. Pada hari ke-lima baru diberi pakan kutu air yang disaring, hadiah pakan 3-4 kali /hari. Yg harus diperhatikan merupakan pakan yang diberikan sekali habis dan tiodak cepat mengotori aquarium.

PENYAKIT DAN CARA PENANGGULANGANNYA

DAFTAR PUSTAKA

D. Setiawan, 2003. Atlas Tumbuhan Obat Indonesia.

Firmansyah A & Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan ?Lou Han Sehat Produksi Meningkat?. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

S. Hambali, 2001 Mewaspadai & Menanggulangi Penyakit Pada Lou Han. Agromedia Pustaka, Jakarta.

S. Suwandi, 2002 Memilih Anakan & Meningkatkan Kualitas Lou Han. Agromedia Pustaka, Jakarta

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: