Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Ikan ini merupakan jenis ikan air laut yg hayati diperairan karang hal ini merupakan tempat asli dari aneka macam ikan hias laut lainnya. Dengan dilakuka pencegahan penyakit ini, sehingga dengan hasil yg diperoleh mampu menyubang devisa negara.

Indonesia adalah daerah yang kaya akan hasil laut antara lain adalah ikan hias. Dengan kita melihat estetika ikan pada alam maka terlintaslah fikiran kita buat memindahkan pemandangan tersebut kerumah kita, sehingga bisa mempunyai estetika alam tersebut dan bisa menarik mata setiap waktu.

Dengan ditemukanya tehnik pembuatan aquarium, maka cita-cita ini dapat dicapai. Dalam hal ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan sehingga kehidupan ikan tadi bisa memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Terutama bagaimana upaya kita agar penghuni aquarium tidak merasa perubahan menurut lingkungan loka dari menggunakan lingkungan aquarium. Untuk itu prlu upaya kita dalam menciptakan keadaan lingkungan asalnya sebagai akibatnya ikan akan senang hidup/mampu sehat & menari ditinjau mata.

Pembenihan

Ikan ini memijah secara alami seperti ikan ?Ikan hias lainnya. Karena ikan ini adalah satu-satunya ikan yg tidak boleh dipegang dengan tangan sewaktu memindahkannya. Karena duri-duri dalam siripnya yg mengandung racun sanggup mencelakakan kita, membuat jiwa melayang jika menyentuhnya, maka hingga kini masih mengandalkan berdasarkan alam.

Morfologi ikan Skorpion Volitan

Klass : Pisces

Phylum : Chordata

keluarga : Scorpanidae

Genus : Pterois

Spesies : Pterois volitans

Nama inggris : Volitan Liongfis

Ikan ini adalah salah satu ikan air bahari yg terkenal dikalangan masayarakat baik didalam negeri juga di kalangan warga karena warna dan bentuknya yang unik serta beranekaragam.

Indonesia sendiri populer kaya akan terumbukarang, hal ini merupakan daerah asal dari banyak sekali jenis ikan hias bahari maupun ikan komsumsi, karena ikan ini merupakan salahsatu ikan hias laut Indonesia yang di eskpor keluar negeri menjadi penambah devisa negara. Seperti negara Singapur,Malasyia, Hongkong, Taiwan, Cina dan sebagian ke Eropa.

Untuk bentuk morfologinya panjang badan mencapai 30 centimeter, juvenil berwarna sawo matang, abu-abu atau abu-abu kebiruan. Semakin dewas warnaya makin cemerlang. Garis-garis di ketua & badan juga semakin kentara, bintik hitam dibagian kepala ,terdapat tiga-4 garis melintang bewarna gelap. Di bagian badannya ada 13 jari-jari keras dan 10-11 jari-jari lemah. Sirip dubur terdapat garis melintang sebesar 8-9 buah, dalam mata terdapat antena, sisik badanya kecil sedangkan sisik pada garis rusuk berjumlah 85-/05 sisik.

Sirip dada tidak bercabang, sirip punggung mempunyai 3 jari-jari keras & 6-7 jari-jari lemah, jari-jari keras dalam sirip punggung mengandung racun yang bisa membahayakan kita pada menangkap ikan ini, makanya pada perlakuanya dengan memakai alat misalnya serok & sejenisnya.

Ikan ini menyukai udang dan ikan-ikan mini yang lewat didepannya,& daging, sedangkan bila diaquarium beliau mampu kita beri cacing tanah. Mereka beredar pada perairan Cilacap, Banyuwangi, Dempasar, Lampung, Medan, Padang, pula diperairan tropis Samudera Hindia dan Lautan Pasifik. Tetapi ikan ini jua dianggap lepu Penganten atau pula disebut Lepu Ayam karena memiliki sirip-sirip misalnya ayam. Ikan ini cenderung berdiam diri dibawah cabang karang/bagian atas air sambil menunggu ikan-ikan kecil yang lewat sebangai santapanya. Harga eksporUS$ 5.80 x Rp. 9000 = Rp.52200 /ekor.

Tingkah laris, ikan ini sangat cantik dan termasuk ikan klass satu. Digemari oleh banyak orang, hanya kadang-kadang relatif nakal, acapkali menggangu dan menggigit ikan lemah lainnya, ikan ini salah satu ikan yang sangat rakus, namun dia bisa mennjadi jinak, senjata yg diandalkan adalah duri-duri keras menurut sirip punggung pertamanya.

Diskripsi Penyakit Umum Yang Menyerang Ikan Skorpion Volitan

Tabel 1. Penyakit & Gejalanya

Pencegahan/Pengobatan Secara Alami & Tretment Kimia

Tabel 2. Pencegahan Secara Alami & Kimia

Pengecekan penyakit

Tabel 3. Pengecekan dilakukan satu bulan sekali

Pengecekan penyakit ini dilakukan setiap 1 bulan sekali hal-hal yang dicek antaralain bagian sasaran, gejala-gejalanya penyalkitnya serta pergantian air dilakukan selama 1 minggu sekali sekaligus dilakukan penyiponan air. Sebelum dilakukan penyiponan air ikan nir diberi makan dulu karenan kalau pakan diberikan ikan akan muntah sebagai akibatnya stress.

DAFTAR PUSTAKA

Affril & Syafei L.S, 2005. Buku Seri Kesehatan Ikan ?Ikan Scorpion Sehat Produksi Meningkat?. Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian, Jurusan Penyuluhan Perikanan, Bogor.

Dwiponggo, A. Akuarium & Ikan Hias. PT. Penebar Swadaya . Jakarta 2001

Internet. Pusat Karantina Ikan. Departemen Kelautan & Perikanan. JL. MT Haryono Kau, 52-53. Jakarta 12770

Jenis-jenis Ikan Hias Air Laut. Departemen Perikanan dan Kelautan, 1984.

Kusuma.H.B.Sc. Penyakit & hama ikan. Bogor 1999

Pembudidaya & Manajemen Kesehatan Ikan Laut. Asia ?Pasific Economic Cooperation??2001??

Susanto,H. Ikan Hias Air Laut, Jakarta : Penebar Swadaya, 1999.

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: