Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Ikan hias  Indonesia, didalam dunia perdangangan internasional dikenal sebagai tropical fish. Ikan hias mempunyai prospek yang sangat tinggi menurut data dari  Kementerian  Kelautan  Dan  Perikanan  (KKP)  nilai  ekspor ikan hias Indonesia pada September 2010 telah mencapai US 7,1 juta. Angka tersebut naik

37,39% dari priode  tahun yang lalu  mencapai US 5,2 juta. Potensi ikan hias di Indonesia terbesar di pulau jawa, Sumatra, bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua. Ikan rainbow merah (Glossolepis Incises) merupakan salah satu ikan asli Indonesia yang telah dikenal dalam perdangan ikan hias. Ikan rainbow merah merupakan ikan hias air tawar asli Indonesia yaitu asal danau Sentani, Papua (Weber  Dan  De  Beaufort  1922).  Pada  tahun 1996  ikan  rainbow  merah  telah terdaftar dalam redlist IUCN (Internasional Union For Concervation Of Nature) sebagai  spesies  yang  mengalami  ancaman  kepunahan  dengan  status  rentan terhadap lingkungan (Vulnerable A2ce) yang dinyatakan oleh Gugum. (2014). Untuk itu  perlu dilakukan penyelamatan dan pembudidayaan ikan hias rainbow merah untuk menjaga pelestarian dan mengantisipasi terjadinya kepunahan pada ikan rainbow merah.

Ikan rainbow merah ditemukan dengan bentuk tubuh yang normal dengan warna  yang  cerah  ,  sehingga  ikan  ini  semakin  diminati  dan  memiliki  nilai ekonomis yang tinggi. Harga pasar lokal ikan rainbow merah jantan ukuran 4-5 cm Rp 25.000 perekor sedangkan pasar internasional mencapai 10 USD. Ikan rainbow merah menarik karena memilik warna dan morpologi yang unik.

Ikan Rainbow Fish adalah jenis ikan hias air ta war yg mudah dipelihara. Sangat banyak sekali jenis ikan rainbow fish ini, antara lain, jenis ikan rainbow fish, ikan rainbow balloon, ikan rainbow trout, ikan rainbow pikok, ikan rainbow irian, ikan rainbow balon dan masih poly lagi. Budidaya ikan rainbow memang sangat gampang sekali.

Pada biasanya ikan rainbow ini dianggap dengan sebutan "ikan pelangidanquot; yg adalah galat satu berdasarkan beberapa jenis ikan hias air tawar yg dari dari papua, sangat cocok sekali jika sobat memelihara Ikan Rainbo fish Diaquarium. Karena memiliki warna yg sangat indah & menawan siapa yang melihatnya.

Keunikan lain dari ikan ini yaitu bersifat tidak agresif, jadi sobat bisa menaruhnya menggunakan jenis ikan yang bisa dicampur pada satu aquarium. Banyak sekali para penghobi ikan hias yang berlomba-lomba malakukan perkawinan silang hanya buat mendapatkan anakan yang baru lagi.

Disini kita akan sedikit membahas bagaimana cara membentuk indukan maupun anakan menurut jenis ikan rainbow ini dengan maksimal . Karena peminatnya juga lumayan banyak serta harga ikan rainbow irian, Ikan rainbow neon, harga ikan rainbow boesemani, masih lumayan murah.

Cara Budidaya Ikan Rainbow Fish Irian, Trout, & Papua (Ikan Pelangi Papua)

Ikan rainbow neon, Irian, Trout, dan Papua

Daerah Penyebaran

Pertama kali jenis ikan rainbow yang diketemukan merupakan jenis ikan rainbow Merah, yaitu oleh Weber 1908, yg tepatnya pada daerah Danau Sentai serta masih ada di wilayah pulau pulau lain & negara tetannga, Papua Nugini. Jenis jenis ikan rainbow fish atau ikan pelangi ini ternyata telah memiliki poly grup jua, antara lain yaitu: rainbow bosemani, merah atau glossolepis incises; rainbow neon, frukata, threadfish & rainblow celebes.

Harga Ikan rainbow Boesemani inilah yang banyak sekali para konsumen atau pecinta ikan hias mencarinya, pasalnya hanya buat menjadikan bahan tanya menanya saja. Harga ikan rainbow boesemani sendiri masih bisa dijangkau sang seluruh kalangan.

Penyiapan Induk Ikan Rainbow

Sobat sanggup menentukan indukan ikan rainbow ini yg telah mencapai 6 bulanan, mempunyai panjang tubuh kisaran 6 - 7 centimeter, karena pada biasanya hal dasar yg sudah umum dilakukan merupakan seperti itu. Usahakan buat memberikan indukan tersebut dalam loka aquarium & kolam hias saja dengan perbandingan antara jantan dan betina dua:1 atau sanggup jua 1:1. Kualitas indukan yang baik sangat mempengarui sifat anakan kelak, jadi pilih yang secara maksimal .

Bak Pemijahan (loka atau Wadah Budidaya Ikan Rainbow)

Untuk ini sobat sanggup menyesuaikan wadah pemijahan tadi, bisa berupa kolam hias, fiberglass, & aquarium. Tetapi dalam umumnya banya yang menggunakan aquarium yaitu dengan berukuran 80x40x40 cm, sedangkan jikalo memakai bak semen idealnya 2x1 meter, yang pada isi air setinggi 40 cm saja.

Ukuran bak tadi pada aslinya sobat mampu menggunakan ikan rainbow untuk menjadi tolok ukur akbar kecilnya tempat tersebut. Akan namun bila diambil yg sinkron yaitu setiap wadah yg mampu menampung air sebesar 10 liter, maka relatif buat sepasang indukan ikan rainbow ini.

Jangan lupa buat memasang tali rafia menjadi tempat peletakkan telur tadi. Air yg sangat ideal buat ini yaitu kisaran ber kadar PH antara 7 - 8 & bertemperatur kisaran antara 21 - 250 C.

Makanan anakan ikan rainbow ini sanggup sobat sediakan kutu air, artemia, dan sanggup cacing sutera. Jika dirasa takut akan kehabisan, pakan pellet jua baik buat pertumbuhannya. Baca pula ini: Cara Membuat Kutu Air dengan Sayur Kol Tanpa Bibit dengan Praktis

Proses Pemijahan Ikan Rainbow Fish Irian, Trout, & Papua (Ikan Pelangi Papua)

Seperti jenis ikan lainnya, buat proses pemijahan Ikan Rainbow umumnya dalam ketika malam hari, jadi sulit sekali untuk mengetahuinya dengan pasti. Seakan akan saat kita melihat dalam pagi hari ternyata sudah ada telur-telur tadi pada tumbuhan atau tali rafia yang kita sediakan tadi. Yang paling untama yaitu, sobat harus menegecek, apakah oleh indukan tersebut sudah melakukan pemijahan apa belum.

Langkah terkhir yaitu, sobat mampu memindahkan oleh indukan tersebut, ini jika ternyata telur tadi diyakini telah terdapat. Lantaran bila telur tadi nir dipindahkan ke loka lain, mampu-mampu akan dimakan sang induknya sendiri. Kemudian selang 5 hari telur tersebut biasanya akan menetas, & menjadi anakan atau yg diklaim dengan burayak anakan ikan rainbow. Biasanya burayak tersebu dalam bagian perutnya masih masih ada kuning telur, yg sanggup digunakan buat cadangan makan selama 4 - 5 hari mendatang.

Pembesaran Benih (Burayak atau Anakan Ikan Rainbow)

Untuk pembesaran benih umumnya memakan waktu kurang lebih kurang lebih dua mingguan. Pada waktu inilah sobat sanggup menaruh pakan burayak tersebut dengan infusoria, sanggup jua menggunakan kuning telur. Setelah dirasa relatif umur yaitu kisaran dua mingguan lagi, sobat mampu memrikan kuliner berupa kutu air & cacing sutera.

Untuk kuliner cadangan lainnya, sobat sanggup sediakan berupa pakan pellet output parik, yg poly pada toko terdekat kota sobat. Biasanya pakan pellet ini diberikan buat pakan anakan ikan rainbow selesainya berumur kisaran 1 bulanan.

Jangan lupa buat selalu membersihkan wadah aquarium tersebut, atau lebih dikenal menggunakan penyiponan. Caranya menggunakan mematikan aerator dulu, agar burayak atau anakan ikan rainbow nir ikut keluar. Fungsi menurut penyiponan ini tidak lain yaitu agar supaya burayak atau anakan ikan rainbow bisa cepat tumbuh besar dan sehat.

Sumber:

Balitbangdias, 2016. Budidaya Ikan Hias. Depok, Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias. Didownload dalam http://pusluh.Kkp.Go.Id/mfce/19/08/2016.

Https://elfianpermana010.Wordpress.Com/2016/12/09/laporan-pembenihan-ikan-rainbow-merah-glossolepis-incisus-pada-balai-penelitian-dan-pengembangan-budidaya-ikan-hias-bppih-depok-jawa-barat/

http://www.Infoikan.Com/2016/10/budidaya-ikan-rainbow-fish-irian-trout.Html

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: