Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Cara pembenihan ikan lele bermula menurut cara penanganan indukan lele. Induk lele bisa dipelihara di banyak sekali wadah misalnya kolam tanah, kolam terpal, ataupun tembok. Poin pentingnya bukan dalam wadah namun ada dalam pengelolaan kualitas air yg baik. Induk lele sebaiknya dipisahkan antara jantan dan betina. Jika anda hendak membeli induk lele umumnya perpaket berisi 15 ekor (jantan lima & betina 10 ekor).

Pemberian Pakan Induk Lele

Induk lele memerlukan asupan protein yg baik, berdasarkan SNI pakan lele yg baik mengandung tidak kurang berdasarkan 30%. Pakan diberikan sehari 2 kali yaitu pagi & sore/malam. Dosis hadiah pakan minimal tiga% berdasarkan total berat induk dalam kolam.

Misal : Jumlah berat induk (kg) x Dosis Pakan

: 100 Kg induk x 3%

: 3 Kg Pakan perhari, pagi 1,5kg dan sore/malam 1,5kg.

Sangat disarankan induk lele diberikan pakan khusus ikan lele yg telah ber-SNI atau unit pakan berdikari yang sudah teruji baik laboratorium maupun testimonial pengguna. Suplemen umumnya dalam pakan dibibiskan vitamin E buat memperbaiki kualitas dan kuantitas telur.

Kepadatan Induk Lele

Kepadatan induk lele yg dipelihara diusahakan tidak melebihi 5 ekor/m2 hal ini dikarenakan indukan memerlukan ruang yang cukup. Ruang yang cukup memberikan kondisi lingkungan yg mendukung. Misal : lahan 100 m2, maka mampu masuk induk 500 ekor. Kepadatan diatas diasumsikan ketinggian air berkisar antara 80-100 centimeter.

Jenis dan berasal induk lele

Lele memiliki banyak strain/jenis. Di pada dunia usaha pembenihan lele di Indonesia setidaknya beredar induk lele jenis berikut:

? Induk lele strain sangkuriang: dari dari pemuliaan Balai Perikanan Besar Air Tawar (BPBAT) Sukabumi & jenis ini dirilis oleh Presiden RI secara resmi.

? Induk lele strain mutiara: berasal menurut Balai Sukamandi dan dirilis secara resmi sang Presiden RI.

? Induk yang asal menurut perusahaan partikelir: lele masamo, lele phyton, lele paiton, lele burma, & sebagainya.

Pertanyaannya merupakan pilih jenis strain yg mana? Jawaban yang sempurna adalah lakukan sedikit observasi pada daerah dimana anda merencanakan membentuk bisnis anda. Anda bisa menanyakan testimoni kepada pembudidaya yang lebih senior, di daerah anda cocoknya jenis yang mana. Karena lokasi menentukan kecocokan indukan. Selain itu anda sanggup menanyakan pada penyuluh PNS perikanan di kecamatan anda.

Ciri induk yg baik yaitu anggota tubuh lengkap, nir stigma, lincah, kulit putih nir luka, kumis tidak putus, & militan. Apabila anda membeli induk pada Balai pemerintah biasanya anda akan diberikan SKAI (Surat Keterangan Asal Induk).

SUMBER:

Kadarusman H., 2016. Cara Pembenihan Ikan Lele Lengkap. Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan & Perikanan (P2MKP) Tunas Mina Lestari, Bandung. Didownload dari halaman http://benihikan.Id/cara-pembenihan-ikan-lele/

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: