Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Ikan lalawak atau yang sanggup disebut juga dengan ikan balar atau ceceperan merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai yg berarus cukup deras dan landai. Karakteristik menurut lalawak sama dengan ikan-ikan arus deras lainnya, yaitu militan dalam pergerakannya.

Jenis ikan ini mirip menggunakan ikan tawes yg biasa dibudidayakan di kolam, yang menjadi pembedanya yaitu menurut warna ujung siripnya. Ujung sirip Tawes berwarna hitam sedangkan lalawak berwarna kemerah-merahan meskipun terdapat jua yg berwarna kekuning-kuningan. Ukuran berat maksimal dewasa mampu mencapai 1 kg dengan panjang 25 cm.

Warna badan ikan lalawak berwarna perak kehijauan, sebagian mata berwarna merah. Sirip punggung dan sirip ekor berwarna abu-abu sampai kehitaman. Sirip dada berwarna kuning pucat hingga kuning terang. Bedanya, sirip lalawak berwarna merah, demikian halnya mata dan ekornya. Ukuran sisik lebih kecil dibanding tawes dan berwarna cerah. Itu sebabnya lalawak mampu dipelihara menjadi ikan hias.

Ikan Balar/Lalawak [sumber]
Ikan balar / lalawak (Barbodes sp) merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di perairan umum (seperti sungai) dan memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai ikan konsumsi, walaupun belum menjadi jenis ikan yang terancam punah, kan ini perlu mendapat perhatian karena dibeberapa lokasi keberadaannya sudah sangat berkurang.

Klasifikasi Ikan Balar / Lalawak

Klasifikasi ikan Lalawak (Barbode sp) dari Kottela et al (1993):

Kingdom        : Animalia

Phylum           : Chordata

Subphylum : Vertebrata

Class : Pisces

Ordo : Cypriniformes

Subordo          : Cyprinoidei

Family : Cyprinidae

Genus : Barbodes

Species           : Barbodes sp

Morfologi Ikan Balar / Lalawak

Genus Barbodes mempunyai ciri-ciri mulut kecil, terminal dan subterminal, celahnya tidk memanjang melebihi garis vertikal yang melalui pinggiran depan mata, mempunyai bibir halus berpapila atau tidak tetapi tanpa liapatan, bibir bagian atas terpisah dari moncongnya oleh suatu lekukan yang jelas, pangkal bibir atas tertutup oleh lipatan kulit moncong, pada ujung rahang bawah tidak ada tonjolan. Bagian perut di depan sirip perut datar atau membulat tidak memipih membentuk geligir taja, jika terdapat geligir hanya di bagian belakang sirip perut. Gurat sisi sempurna, tidak ada pori tambahan pada sisik sepanjang gurat sisi. Terdapat 7-10½ jari-jari bercabang pada sirip punggung, jari-jari terakhir sirip punggung lemah atau keras tapi tidak bergerigi, tidak ada duri mendatar didepan sirip punggung, 5-8½ jari-jari bercabang pada sirip dubur. Sisik dengan struktur beberapa jari-jari sejajar atau melengkung ke ujung, sedikit atau tidak ada proyeksi jari-jari ke samping.

Habitat Ikan Balar / Lalawak

Ikan lalawak adalah ikan yang mempunyai tempat asli asli di sungai & dewasa ini telah dibudidayakan di kolam-kolam peliharaan.

Kebiasaan Makan Ikan Balar / Lalawak

Ikan balar / lalawak merupakan jenis ikan omnivor lantaran selain memakan organisme nabati pula memakan organisme hewani.

Sumber : IPB;Jitunews

Semoga bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: