Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Jangkauan & kapasitas insan buat meraih ikan yg hayati, baik yg telah dilumpuhkan atau menggunakan cara lain dari kejauhan, dibatasi sang panjang lengannya. Implementasi paling sederhana mencapai jangkauan yang lebih jauh menggunakan maksud memungut atau mengumpulkan output tangkapannya merupakan menggunakan menggunakan tongkat (lance atau spear) dengan tujuan supaya ikan atau hewan akuatik yang terletak jauh menurut tangannya bisa dijangkau atau dikait.

Metoda penangkapan ini telah dikenal sejak jaman pra sejarah, tetapi metoda ini masih permanen digunakan pada perikanan konvensional (penangkapan ubur-ubur menggunakan memakai trisula) dan perikanan komersil modern sekarang (penangkapan ikan paus dengan menggunakan harpoon) (Brand, 1984).

1. JENISSPEAR DANLANCE

Alat penangkap ikan menggunakan bentuk yang sangat sederhana & primitif ini telah dikenal semenjak 10.000 tahun yang kemudian. Alat ini lebih berkembang dalam sport fishing, namun di beberapa Negara indera ini sudah nir boleh digunakan. Long line memakai alat ini hanya sebagai perlengkapan bantu, yaitu dipakai buat menangkap ikan yang supaya nir terlepas menurut pancingnya.

Alat tangkap Spears & Lance tidak mempunyai alat bantu spesifik.

Daerah Operasi Spears dan Lance

Daerah operasi spear dan lance yakni di perairan yang sangat dangkal seperti pelataran atoll

Cara Pengoperasian Spears dan Lance

Metoda menangkap ikan menggunakan alat ini tidaklah mudah, karena adanya refraksi cahaya berdasarkan 2 media yg tidak sama, selain membutuhkan teknik jua pengalaman. Cara pengoperasian alat ini yaitu menggunakan cara dihujam pribadi ke tubuh ikan.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan

2. JENIS FISH PLUMMETS

Di atas telah dijelaskan bahwa tombak hanya  mampu digunakan pada perairan yang sangat dangkal, maka untuk menangkap ikan di perairan yang lebih dalam lagi menggunakan fish plummet.

Fish Plummets
Alat Bantu Penangkapan Fish Plummets

Alat bantu yg digunakan adalah seutas tali.

Daerah Operasi Fish Plummets

Daerah pengoperasian biasa pada wilayah yg lebih dalam menurut pelataran atoll.

Cara Pengoperasian Fish Plummets

Metoda yang dipakai sama menggunakan metoda menombak bedanya tangkai tombak diganti menggunakan seutas tali menggunakan panjang diadaptasi menggunakan kedalaman perairan.

Tiga. JENIS FISH COMB

Alat ini dianggap termasuk bentuk berdasarkan jenis penggaruk (rake), berbentuk datar, bercabang sejajar seperti dengan sisir rambut.

Fish Comb
Alat Bantu Penangkapan Fish Comb

Alat ini tidak mempunyai alat bantu

Daerah OperasiFish Comb

Alat ini tak jarang digunakan oleh nelayan pada wilayah perairan payau. Sangat efektif buat menangkap belut

Cara PengoperasianFish Comb

Jaman dahulu sebelum indera dilarang digunakan, indera ini dijatuhkan ke dasar bahari dari bahtera layar lalu ditarik sepanjang dasar perairan menggunakan memakai energi layar.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan

4. JENIS PANAH DAN SEJENISNYA

Tombak dalam bentuknya yang kecil disebut panah yg dapat ditembakkan melalui sebuah busur panah. Busur & tali busur berfungsi sebagai indera pemindah dan melipatgandakan energi tangan dan bahu insan. Dengan memakai busur panah bisa melesat jauh menggunakan kecepatan yg sangat tinggi dibandingkan bila panah dilemparkan pribadi menggunakan tangan. Panah untuk menangkap ikan digunakan hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Panah dan Sejenisnya
Alat Bantu Penangkapan Panah dan Sejenisnya

Pada bentuknya yg terkini panah diberi tali, sebagai akibatnya entah tentang atau tidak sasaran panah masih mampu ditarik balik .

Daerah Operasi Panah dan Sejenisnya

Umumnya ikan yang tertangkap merupakan ikan-ikan yang berenang lambat pada bagian atas. Lantaran itu wilayah penangkapan ikan dengan memanfaatkan panah umumnya dilakukan di wilayah yang tenang dan jernih.

Cara Pengoperasian Panah dan Sejenisnya

Memanah ikan menurut jarak jauh sangatlah sulit, tak jarang poly melesetnya. Hal ini disebabkan adanya penetrasi cahaya, refraksi, efek angin, dan gerakan itu sendiri, sehingga memanah memerlukan keterampilan khusus & pengalaman. Untuk mengatasi hal ini banyak dibentuk panah dengan mata jamak (dua-tiga mata).

Jenis Ikan Hasil Tangkapan

lima. HARPOON

Harpoon sudah usang menggantikan tombak & panah, tidak saja dalam perikanan skala mini akan tetapi yg berskala besarpun poly yg memakai harpoon, terutama pada sport fishing & penangkapan ikan paus. Mata harpoon biasanya dapat dipisahkan berdasarkan tangkainya menggunakan jumlah mata 1 ? 3 buah, akan tetapi tetap dihubungkan dengan tali. Setelah harpoon tentang target mata harpoon tertinggal dalam tubuh target sedangkan tangkainya akan terlepas. Pada pengembangan selanjutnya harpoon dihubungkan menggunakan tali ke pelemparnya atau ke kapal. Harpoon modern yg ditembakkan dengan menggunakan senapan atau meriam, mata & tangkainya menyatu (tidak dipisah) (Brand, 1984).

Dalam perikanan komersil telah tidak digunakan lagi (kelestarian, terutama ikan paus) kecuali buat penangkapan ikan - ikan eksklusif yg memiliki nilai individual yang tinggi misalnya ikan paus & ikan layaran. Penangkapan ikan paus secara internasional sudah tidak boleh menggunakan alasan buat menghindari kepunahan, kecuali Negara Jepang menggunakan berbagai alasan sampai sekarang masih melakukan penangkapan ikan paus. Hanya penangkapan ikan layaran & hiu masih poly dilakukan hampir pada semua global dimulai menurut Mediterranean, seluruh pantai Atlantic, sepanjang pantai California, Peru, Chili, Jepang, Taiwan, China, India hingga Afrika.

Harpoon

Model Harpoon
Alat Bantu Penangkapan Harpoon

Harpoon biasa memakai tali yg dikaitkan dalam mata harpoon agar target bisa menggunakan mudah ditarik ke atas kapal.

Daerah Operasi Harpoon

Harpoon dapat dipakai di perairan dangkal juga perairan dalam.

Cara Pengoperasian Harpoon

Harpoon berbeda dengan tombak entah dilengkapi dengan tali atau tidak, tetapi keduanya dapat dilemparkan menggunakan tangan atau menggunakan busur.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan

Ikan Paus

6. JENIS SUMPIT DAN BLOW GUN

Umumnya sumpit digunakan untuk berburu burung pada hutan belantara. Hanya Thailand, India Selatan & Filipina yang sering menggunakan indera ini buat menangkap ikan. Sumpit terbuat menurut batang bamboo atau pipa besi. Panjang sumpit kurang lebih 1,8 meter.

Sumpit dan Blow Gun
Alat Bantu Penangkapan

Pada jaman dahulu buat berburu fauna besar mata sumpit diberi racun.

Daerah Operasi

Alat tangkap ini biasa dipakai oleh nelayan pada pesisir dekat hilir sungai.

Cara Pengoperasian

Mata sumpit dipasang pada ujung pipa. Mata sumpit ditembakkan dengan satu hembusan kuat.

Jenis Ikan Hasil Tangkapan

Sumber

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: