Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Palung adalah jurang yang terletak di dasar bahari. Palung yg paling dalam pada belahan bumi merupakan palung Mariana, yg berlokasi pada barat laut Samudera Pasifik & sebelah timur Pulau Mariana, tepatnya berada di Kedalaman Challenger atau biasa disebut Challenger Deep yg memiliki kedalaman 10.911 meter. Challenger Deep adalah titik terdalam samudera yg pernah diketahui. Pada kedalaman Challenger ini tekanan yg didapatkan luar biasa akbar yaitu sekitar 1000 kali dibandingkan dengan tekanan permukaan atau sekitar 110.000 kilopascal. Makluk hidup yg menghuninya pun berupa makluk kecil bersel satu yang kebanyakan belum dikenal oleh dunia ilmu pengetahuan.

Berikut adalah daftar lima palung terdalam di Dunia :

1. Palung Mariana

Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yg paling pada yg diketahui, & lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Dia terletak pada dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana pada 11? 21? Utara latitude & 142? 12? Timur longitude, dekat juga dengan Jepang. Palung ini merupakan batasan pada mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi pada bawah Lempeng Filipina. Dasar menurut palung ini jauh pada bawah permukaan laut lebih jauh menurut ketinggian Gunung Everest pada atas permukaan bahari.

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11° 19′ U, 142° 15′ T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali menggunakan “earphone” untuk mendengar sinyal yang kembali ketika “stylus” melewati skala kedalaman “graduated”.

Palung Mariana
2. Palung Tonga

Palung Tonga terletak pada Selatan Samudra Pasifik, Selandia Baru menggunakan kedalaman 10.882 meter (35.702 kaki). Titik terdalamnya dikenal sebagai Deep Horizon. Palung ini terletak di ujung utara zona subduksi Kermadec-Tonga. Zona subduksi ini yang paling aktif pada mana Lempeng Pasifik bersubduksi di bawah Lempeng Tonga & Lempeng Indo-Australia. Palung Tonga memanjang di utara-timur bahari dari Kepulauan Kermadec utara menurut Pulau Utara Selandia Baru. Palung ini adalah loka peristirahatan terakhir menurut generator radioisotop termoelektrik berdasarkan misi Apollo 13 yang dibatalkan.

Palung Tonga

tiga. Palung Filiphina

Palung Filipina (Mindanao Deep) terletak di sebelah timur Filipina. Memiliki panjang lebih kurang 1.320 km dan lebar kurang lebih 30 km menurut pusat pulau Luzon Filipina membentang hingga ke tenggara pulau Halmahera, Maluku utara di Indonesia. Titik terdalamnya Galathea, mempunyai kedalaman 10.540 meter. Palung Filipina adalah output berdasarkan gesekan lempeng tektonik Philippine Sea Plate yang bersubduksi pada bawah Sabuk Mobile Filipina dengan laju kurang lebih 16 cm per tahunnya.

Palung Filiphina

4. Palung Kuril

Palung Palung Kuril mempunyai kedalaman maksimum 10.542 meter. Memanjang berdasarkan tiga persimpangan antara Patahan Ulakhan dan ke utara Palung Aleutian sampai ke Palung ke selatan Jepang. Palung ini terbentuk sebagai dampak dari zona subduksi, dalam akhir zaman Kapur, hingga membangun Kepulauan Kuril.

Palung Kuril

lima. Palung Kermadec

Palung Kermadec merupakan keliru satu menurut palung terdalam Bumi dengan capaian kedalaman 10.047 meter (32.963 kaki) di Samudera Pasifik. Dibentuk sang subduksi menurut Lempeng Pasifik pada bawah Lempeng Indo-Australia.

Palung Kermadec
Sumber :kaskus

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: