Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Permintaan komoditi ikan hias belakangan ini terus meningkat terutama bagi masyarakat di perkotaan.  Pada umumnya ikan hias yang banyak diminati oleh konsumen adalah ikan hias air tawar, karena relatif mudah dalam pemeliharaan atau perawatannya . peruntukaan konsumen ikan hias masih terbatas pada fungsi ornamen dalam skala terbatas (pemajangan di akuarium, kolak kolam hias di sekitar rumah tempat tinggal).

Pelaku utama kegiatan bisnis buddiaya ikan hias masih sangat terbatas sebagai akibatnya menaruh peluang yg cukup prospektif bagi para penggemar ikan hias buat melakukan budidaya secara komersial. Di antara sekian poly jenis ikan hias air tawar yang sedang berkembang, antara lain adalah ikan hias cupang (Betta spendens) yg pemeliharaannya cukup sederhana namun sulit dilakukan jika nir memperhatikan teknologi cara budidaya yang baik.

PEMIJAHAN IKAN CUPANG

A. Pemeliharaan Induk

Pemeliharaan induk sangat menentukan kualitas induk yang akan di pijah.  Induk cupang akan menghasilkan anak yang berkualitas apabila pemeliharaan induknya baik. Calon induk harus dirawat dengan sebaik mungkin, induk ditempatkan di dalam botol secara tepisah agar tidak saling beradu. Pakan yang diberikan pada induk ikan hias cupang adalah jentik nyamuk, karena jentik nyamuk dapat memacu proses kematangan gonad. Jika pakan yang diberikan berupa cacing, maka telur akan sulit keluar karena tertutup oleh lemak.
Induk jantan dan betina ikan cupang

Jentik nyamuk yg diberikan wajib higienis dan segala kotoran ,tujuannya untuk menghindari tejadinya penyakit. Jentik nyamuk merupakan yang baik bagi induk karena mengandung protein yg tinggi sedangkan cacing sutera adalah pakan alami yang poly mengandung lemak dan meningkatkan kecepatan pertumbuhan sehingga cocok buat diberikan dalam anak cupang.

B. Seleksi Induk

Sebelum melakukan seleksi induk terlebih dahulu kita wajib mengetahui ciri-ciri Ikan cupang :

Ciri-karakteristik ikan cupang secara umum :

Ciri – ciri cupang bentina :
Induk ikan betina cupang

Ciri-ciri ikan cupang jantan :
Induk ikan jantan cupang

Perbedaan jantan & betina ikan cupang

Untuk mengasilkan cupang jantan lebih poly dan dalam betina induk betina tidak boleh dipijahkan lebih menurut lima kali. Seleksi unduk dilakukan jika seluruh persiapan sarana pendededaran sudah selesai. Ciri - ciri induk ikan hias cupang siap pijah jantan & betina merupakan telah membuat sarang busa.

C. Pemijahan

Adapun langkah persiapan buat pemijahan merupakan menjadi berikut :

Induk jantan & betina sedang memijah

Bila induk jantan dan betina benar- benar telah siap, pemijahan akan terjadi pada siang hari sekitar pukul 09.00-13.00, yaitu 12 jam setelah digabung. Induk jantan dan betina akan terlihat saling berbelit sambil mengeluarkan telur dan sperma.  Telur yang dikeluarkan oleh induk betina akan melekat. Kelihatan lebih putih dari sarang busa. Setelah pemijahan selesai, induk betina segera dipindahkan agar tidak  memakan telurnya sendiri, sedangkan induk jantan dibiarkan bersama telur tugas menjaga telur sampai menetas dan siap deder.   Fekunditas ikan cupang secara umum adalah 300-500 butir, tetapi jumlah telurnya tergantung pada besar kecilnya induk dan frekwensi pemijahan.

D.  Penetasan

Penetasan terjadi setelah 2 x 24 jam. Ciri telur yang telah menetas adalah terlihat bintik hitam pada sarang busa, bintik hitam tersebut adalah larva cupang.
Larva ikan cupang

Larva akan tetap menempel pada sarang busa sampai umur 3 hari. Sebagai makanannya masih mengandalkan kuning telur yang ada pada larva tersebut. Setelah berumur 3 hari dan terlihat  menyebar menandakan kuning telurnya sudah habis dan siap didederkan setelah itu induk jantan segera dipindahkan ke tempat pemeliharaan induk.

Sumber : Aripudin. Cara Budidaya Ikan Cupang. 2019

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: