Loading Website
Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Dropship

Laporkan Penyalahgunaan

Kontributor

Memahami Teknik Pembuatan Garam Rakyat dengan Tehnologi Geomembran

Permasalahan yang ada pada produksi garam rakyat saat ini  adalah kurangnya kualitas dan kuantitas  terhadap kebutuhan garam nasional seirin...

Cari Blog Ini

Arsip Blog

Random Posts

Recent Posts

Recent in Sports

Header Ads

Cloud Hosting Indonesia

Mahir Website

Easy import From China

The Power Of Wanita Idaman

Featured

Seni Menjadi Pedagang Online

Penyakit infectious pancreatic necrosis (IPN) pertama kali terjadi dalam tahun 1941 yg menyerang benih trout di Canada. Infectious pancreatic necrosis merupakan jenis virus Birnavirus yg mempunyai tingkat bahaya yang tinggi dan sistemik dalam ikan Salmonid belia. Virus ini pula menyerang rainbow trout (Oncorhynchus mykiss), brook trout (Salvelinus fontinalis), brown trout (Salmo trutta), atlantic salmon (Salmo salar), dan pacific salmon (Oncorhynchus spp).

Penularan virus IPN dapat terjadi secara vertikal, menggunakan virus berada dalam telur, atau horizontal, melalui air, urin, feces, sekresi sexual, dan ikan mati atau sakit yang dikonsumsi sang ikan lain. Pada umumnya ikan yg sembuh (survivors atau carriers) bisa sebagai non clinical carriers atau pembawa penyakit, mungkin selama hidupnya & carrires tadi juga bertindak sebagai reservoir virus untuk ikan-ikan lain yg sebelumnya belum terinfeksi. Selain itu masa inkubasi IPN relatif pendek, antara 3-5 hari sebelum indikasi klinis dan kematian terjadi. Faktor-faktor misalnya umur inang, suhu rendah & spesies ikan bisa memperpanjang masa inkubasi.

Pada suatu agresi wabah, tanda-indikasi pertama adanya kematian mendadak & umumnya yang terserang pertama kali adalah ikan yang masih belia. Tanda klinis bisa bervariasi antara lain konvoi lambat, pigmen warna ikan sebagai gelap, berkecimpung berputar-putar, exopthalmia (mata menonjol), perut membesar dan masih ada cairan visceral, perdarahan di daerah bawah perut/ventral

termasuk pada daerah sirip, hati & limpa pucat dan mengembang, dan tidak masih ada makanan dalam perut dan usus umumnya mengandung eksudat mucoid yang berwarna kekuningan atau keputihan. Bentuk infeksi dan morfologi IPN disajikan dalam Gambar berikut.

Bentuk infeksi dan morfologi IPN

Sumber : Penyakit Akuatik. Andri Kurniawan; Buku Saku Penyakit Ikan. DJPB

Semoga Bermanfaat...

Checking your browser before accessing

This process is automatic. Your browser will redirect to your requested content shortly.

Please allow up to 5 seconds…

DDoS protection by Cloudflare
Ray ID: